GUNUNG DEMPO (3.159 MDPL)

Puncak Gunung Dempo Sumatera Selatan
c: @agus_mahameru24

GUNUNG DEMPO (3.159 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Selatan

Gunung Dempo merupakan gunung berjenis stratovolcano tipe A. Gunung ini juga dijuluki dengan singkatan GAD atau “Gunung Api Dempo”. Gunung Dempo terletak di Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel). Kota Pagar Alam terkenal dengan hasil perkebunanya yakni berupa teh hitam. Produk teh inilah salah satu hasil perkebunan di kaki Gunung Dempo.

Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.159 mdpl, termasuk gunung sangat tinggi. Gunung Dempo juga berpredikat sebagai gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Danau kaldera di puncaknya memiliki keunikan tersendiri, yakni kadang air danau kalderanya berwarna abu-abu, hijau tosca, dan juga biru. Beberapa keistimewaan inilah yang menjadikan Gunung Dempo cukup populer sebagai pendakian. Bukan hanya bagi pendaki lokal, tapi juga dari berbagai daerah di luar Sumsel.

Gunung Dempo juga memiliki cerita mitos yang berkembang di masyarakat, yakni kisah tentang Manusia Harimau. Konon manusia harimau adalah masyarakat Gunung Dempo yang mendalami ilmu sakti.

Selain itu, Gunung Dempo juga dikenal dan diyakini sebagai wilayah asal usul Suku Basemeh (Melayu). Menurut legenda, dua tokoh sakti yakni Si Pahit Lidah (Nenek Moyang Basemeh) dan Si Mata Empat (Nenek Moyang Komering/Lampung) saling beradu kekuatan. Keduanya pun mati, dan sebelum mati Si Pahit Lidah mengutuk semua keturunan Si Mata Empat yang juga berarti Suku Komering atau Suku Lampung tidak akan bisa mendaki Gunung Dempo. Kisah tersebut diyakini hingga sekarang.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Dempo tesedia melalui Jalur Kampung IV, dan Jalur Tugu Rimau. Jalur Kampung IV adalah yang paling populer. Trek pendakian Gunung Dempo tersedia beberapa sumber air. Trek di awal dipenuhi dengan akar-akar pohon yang keluar. Pendakian Gunung Dempo umumnya dilakukan dalam sehari saja. Di Kota Pagar Alam terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai macam produk lokal. Bagi pendaki luar daerah tentu akan sangat cocok untuk bisa berbelanja di sini.

PUNCAK
Puncak Dempo ada 2 yakni Puncak Api dan Puncak Merapi (Kawah Dempo). Puncak pertama adalah Puncak Api. Puncak ini adalah daerah biasa yang masih ditumbuhi pohon perdu. Kemudian berjalan terus kita akan bertemu dengan sebuah padang yang luas bertanah pasir dengan sedikit rerumputan. Lokasi ini dijuluki “Pelataran” yang lokasinya berada di antara puncak pertama dan kedua. Umumnya pendaki mendirikan tendanya di lokasi Pelataran ini.

Selanjutnya, dilanjutkan menanjak terus, maka kita akan sampai pada puncak kedua yakni Puncak Kawah Merapi (Kawah Dempo), yakni sebuah kawah dengan luas sekitar 100 meter persegi. Kawah inilah yang menjadi ikonik gunung Dempo.

Selanjutnya dari puncak Kawah Dempo, akan terlihat pemandangan Provinsi Bengkulu, serta Laut Hindia.

Nama lain : GAD
Elevasi : 3.159 mdpl
Lokasi : Sumatera Selatan
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Pagar Alam
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Sumatera Selatan
Jalur pendakian : Jalur Kampung IV, dan Jalur Tugu Rimau
Tempat Ikonik : Kawah Dempo
Puncak : Puncak Api dan Puncak Merapi (Kawah Dempo)
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 4°00’54.4″S 103°07’40.4″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Belirang-Beriti

Maps

  • 83%
    - 83%
  • 91%
    - 91%
  • 84%
    - 84%
86%
Sending
User Review
0 (0 votes)