GUNUNG DAUN (2.467 MDPL)

Gambar Gunung Daun Bengkulu
c:@megihardiansh0128

GUNUNG DAUN (2.467 MDPL)
Di Provinsi Bengkulu

Gunung Daun atau juga disebut Bukit Daun, adalah sebuah gunung api stratovocano tipe B. Secara administratif Gunung Daun terletak di kawasan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dan berada dalam satu kawasan dengan Gunung Kaba. Namun kedua gunung ini lokasinya tidak begitu berdekatan.

Gunung Daun memiliki ketinggian 2.467 mdpl dan masuk dalam kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Berkebalikan dengan Gunung Kaba, Gunung Daun tidak dijadikan sebagai objek wisata alam, namun menjadi tempat pemanfaatan panas bumi oleh perusahaan negara, PT. Pertamina Geothermal. Perusahaan ini membuka kawasan seluas 90 hektar di kawasan Gunung Daun sebagai lokasi pemanfaatan panas bumi.

Secara elevasi, Gunung Daun lebih tinggi ketimbang Gunung Kaba. Oleh sebab itu Gunung Daun lebih cocok untuk pendakian ketimbang wisata.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Daun yakni melalui Jalur Desa Sentral Baru, di Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong. Start pendakian dimulai dengan titik point pada PT. Agrotea di ketinggian 600 mdpl.

buku 199 gunung

Pendakian akan melewati perkebunan teh, kemudian memasuki kawasan hutan dengan trek menanjak. Area camping yang cukup luas tersedia pada ketinggian 1.000 mdpl.

Kaki Gunung Daun terdapat telaga yang cukup terkenal yakni Telaga Tujuh Warna, dan Telaga Gadang. Pendakian hingga mencapai puncak rata-rata sekitar 7-8 jam.

PUNCAK
Puncak Gunung Daun adalah sebuah kaldera kawah seluas 600 meter yang berisi air dan bisa dikatakan puncaknya adalah danau kaldera yang luas.

Jika dilihat dari spesifikasinya, Gunung Daun sangat cocok untuk pendakian. Selain objek alam yang indah, trek yang ada juga level menengah, sehingga pendaki awam maupun yang expert bisa mendakinya. Namun kenyataannya berkebalikan, jarang ada pendakian di gunung ini. Hal tersebut mungkin disebabkan kecenderungan masyarakat untuk lebih mengunjungi wisata yang lebih mudah seperti Bukit Kaba, ataupun Telaga Tujuh Warna yang juga berada di kaki Gunung Daun, ketimbang mendaki sampai puncaknya.

Nama lain : Bukit Daun
Elevasi : 2.467 mdpl
Lokasi : Bengkulu
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Hutan Lindung Bukit Daun
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Sentral Baru
Tempat Ikonik : Telaga Tujuh Warna
Puncak : Puncak Daun
Lama pendakian : 8 jam
Koordinat : 3°23’30.7″S 102°20’37.1″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Patah & Gunung Kaba

Maps

  • 74%
    - 74%
  • 80%
    - 80%
  • 82%
    - 82%
78.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)