GUNUNG CIKURAY (2.821 MDPL)

Puncak Gunung Cikuray
c:@feriirawan30

GUNUNG CIKURAY (2.821 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi keempat di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini berketinggian 2.821 mdpl dan masuk dalam kawasan Kabupaten Garut. Gunung Cikuray masuk dalam kategori stratovolcano tipe B. Pendakian Gunug Cikuray merupakan salah satu yang banyak diminati oleh para pendaki khususnya di Jawa Barat.

Lereng Gunung Cikuray dahulu menjadi pusat pertapaan pada zaman Kerajaan Padjajaran. Jika dilihat dari kejauhan maka gunung ini akan terlihat kerucut sempurna.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Cikuray selalu ramai pada hari libur atau weekend. Jalur pendakian yang tidak sulit dan akses menuju jalur pendakian yang mudah menjadi alasan para pendaki lokal maupun luar daerah memilih Gunung Cikuray sebagai objek pendakian. Jalur pendakian yang tersedia adalah melalui Jalur Bayongbong, Jalur Cikajang, dan Jalur Dayeuhmanggung. Jalur melalui Dayeuhmanggung adalah yang paling populer. Pada jalur tersebut terdapat pemancar stasiun televisi nasional TVRI.

Lereng Gunung Cikuray adalah perkebunan teh. Untuk pendakian hingga puncak dibutuhkan waktu sekitar 6-8 jam.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Cikuray ditandai dengan sebuah bangunan permanen dari semen berukuran 3×3 meter. Bangunan ini dibuat dengan tujuan sebagai tempat berteduh. Lokasi puncak sendiri cukup luas dan mampu menampung banyak tenda. Berada di Puncak Cikuray kita bisa melihat pemandangan Gunung Galunggung, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Telaga Bodas, dan juga Kota Garut.

Ada sebuah kisah yang menjadikan Gunung Cikuray agaknya menjadi mistis, yakni telah hilang seorang pendaki perempuan di tahun 2009 dan tidak pernah ditemukan sampai sekarang.

Nama lain : Gunung Srimanganti, Srimanganten
Elevasi : 2.821 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Garut
Keistimewaan : Tertinggi keempat di Jawa Barat
Jalur pendakian : Jalur Bayongbong, Jalur Cikajang, dan Jalur Dayeuhmanggung
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Cikuray
Lama pendakian : 6-8 jam
Koordinat : 7°19’21.2″S 107°51’35.9″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Ciremai & Gunung Puntang

Maps

  • 89%
    - 89%
  • 86%
    - 86%
  • 87%
    - 87%
87.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)