GUNUNG BURNI TELONG (2.624 MDPL)

Gambar Gunung Burni Telong Aceh
c: @oji.__

GUNUNG BURNI TELONG (2.624 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Bur Ni Telong atau juga Burni Telong dari Bahasa Aceh artinya adalah “Gunung yang terbakar”. Alasan menggunakan makna “terbakar” dikarenakan pada waktu itu gunung ini meletus dan membakar wilayah di sekitarnya. Burni Telong berketinggian 2.624 mdpl dan tergolong gunung api kompleks tipe A. Gunung ini terletak di Kabupaten Bener Meriah.
Masyarakat umumnya mengatakan Burni Telong sama dengan Burni Klieten, namun sebenarnya tidak. Burni Klieten adalah gunung lain yang juga berada dalam satu kawasan dengan Burni Telong. Namun, secara umum Burni Telong lebih populer.

PENDAKIAN
Gunung Burni Telong adalah gunung wisata. Jadi, bagi para pemula atau yang belum pernah merasakan mendaki gunung bisa mencoba untuk mendaki gunung ini.

Titik start pendakian terletak di Desa Rembuna, atau dikenal dengan Jalur Bandar Lampahan. Jalur ini adalah jalur paling populer dan paling mudah. Pada lokasi ini terdapat banyak fasilitas memadai seperti parkir luas, mushola, warung-warung, toilet, serta disediakan jasa antar jemput pendaki. Pemandu pendakian juga disediakan pula. Trek awal berupa perkebunan kopi, sayur, kemudian hutan pinus, serta di beberapa spot pendaki bisa menemui bunga edelweis (bunga abadi) yang jarang ditemui di gunung-gunung Sumatera. Dua ratus meter sebelum mencapai puncak, terdapat sebuah gua. Sumber air juga banyak terdapat di kaki gunung.

Selain jalur pendakian Bandar Lampahan yang bisa dikatakan jalur yang ringan, terdapat juga jalur lain yang lebih menantang, yakni Jalur Rante Raya.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Burni Telong berupa kawah. Terdapat 5 kawah yang masih mengepul yang menandakan gunung tersebut aktif dan sewaktu-waktu bisa meletus.

Letusan terakhir terjadi pada 1924. Gunung ini menyemburkan lava pijar dan membakar wilayah setempat. Oleh sebab itu gunung ini dicap sebagai gunung yang cukup berbahaya, karena selain masih aktif, pemukiman penduduk yang tidak jauh dari bibir kawah juga menjadi ancaman tersendiri. Tahun 2004 saat terjadi gempa dahsyat di Aceh, sempat beredar isu gunung Burni Telong ini akan meletus. Namun hal tersebut tidak terjadi.

Pendaki bisa menikmati sunrise di Puncak Burni Telong. Selain itu saat perjalanan turun para pendaki juga bisa mencicipi air panas yang terletak di kaki gunung, tepatnya di Desa Simpang Balik.

Nama lain : Bor Telong, Bur Ni Telong, Burni Cempege (gunung penuh belerang)
Elevasi : 2.624 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Bener Meriah
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Bandar Lampahan, Rante Rata
Puncak : Kawah Burni Telong
Lama pendakian : 8 jam
Tempat Ikonik :
Koordinat : 4°46’09.0″N 96°49’16.6″E
Level pendakian : Mudah, Wisata

Baca Juga : Gunung Burni Klieten & Gunung Burni Kemiki

Maps

  • 82%
    - 82%
  • 84%
    - 84%
  • 89%
    - 89%
85%
Sending
User Review
0 (0 votes)