GUNUNG BURNI KLIETEN (2.930 MDPL)

Gambar Gunung Burni Klieten Aceh
c: @mluthfi_hamzah

GUNUNG BURNI KLIETEN (2.930 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Bur Ni atau Burni dalam bahasa aceh artinya “gunung”. Jadi nama Bur Ni Klieten diartikan Gunung Klieten. Sedangkan “Klieten” artinya adalah “kelihatan”, sehingga secara bahasa artinya “Gunung Kelihatan”.

Burni Klieten terletak di Aceh Tengah. Gunung ini adalah gunung dengan ketinggian 2.930 mdpl. Orang-orang sering mengira bahwa Burni Klieten adalah nama lain dari Burni Telong. Namun sebenarnya bukan demikian. Burni Klieten adalah gunung lain yang memang posisinya tidak begitu jauh dengan Burni Telong (tetangganya).

Nama Burni Klieten tidak begitu terkenal, karena tetangganya, Gunung Burni Telong sudah duluan terkenal sebagai gunung yang populer untuk pendakian. Ditambah lagi banyak yang mengira nama “Burni Klieten” adalah nama lain dari Burni Telong.

Burni Klieten dikenal sebagai gunung dengan populasi anggreknya. Terdapat berbagai spesies tanaman anggrek yang bisa kita temui saat mendaki Gunung Klieten ini.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Burni Klieten bisa dikatakan cukup mengasyikan sebagai objek pendakian gunung. Hal tersebut karena di sepanjang perjalanan para pendaki akan disuguhi pemandangan indah dari Danau Lut Tawar. Selain itu, jalur pendakian dan trek juga sudah cukup jelas. Basecamp pendakian pun mudah untuk ditemukan.

Trek awal pendakian adalah kawasan hutan pinus. Selanjutnya kita akan sering bertemu dengan trek becek yakni trek berupa bekas jejak kerbau liar. Titik start pendakian bisa ditemukan dengan mudah karena satu rute dengan jalur menuju obyek wisata Air terjun Mengaya.

PUNCAK
Puncak Burni Klieten tidak begitu luas, hanya cukup menapung 3 tenda saja. Meskipun begitu, pemandangannya sangat indah, yakni pemandangan Danau Lut Tawar.

Nama lain : Bor Klieten, Bur Ni Klieten, Kelieten
Elevasi : 2.930 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Volcano tipe A
Pengelola : Pemerintah Aceh Tengah
Keistimewaan : Banyak ditemukan spesis tanaman Anggrek
Jalur pendakian : Objek Wisata Air Terjun Mangaya
Puncak : Puncak Klieten
Lama pendakian : 8 jam
Tempat Ikonik : Danau Lut Tawar
Koordinat : 4°33’07.7″N 96°57’25.6″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Burni Telong & Gunung Peuet Sagoe

Maps

  • 84%
    - 84%
  • 80%
    - 80%
  • 83%
    - 83%
82.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)