GUNUNG BUKU SIBELA (2.118 MDPL)

Pemandangan dari Puncak Gunung Buku Sibela
c:@dinenoona

GUNUNG BUKU SIBELA (2.118 MDPL)
Di Provinsi Maluku Utara

Gunung Buku Sibela berbentuk punggungan. Gunung ini terletak di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan. Ketinggian Gunung Buku Sibela mencapai 2.118 mdpl sekaligus menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Provinsi Maluku Utara. Kawasan Gunung Buku Sibela masuk dalam kawasan konservasi Cagar Alam seluas 23.024 hektar.

Kawasan cagar alam tersebut memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan sebagian besar adalah endemik Halmahera. Fauna-fauna endemik Halmahera yakni monyet, nuri, bayan, kastuari merah, dan kakaktua. Sedangkan flora endemiknya yakni matoa, gufasa, samama, dan cengkeh avo.

PENDAKIAN
Belum ada catatan mengenai pendakian mencapai puncak Gunung Buku Sibela. Kawasan yang tertutup dan belum tereksplor menjadi alasan utama sulitnya mendaki gunung ini. Catatan pendakian yang ada menyebutkan bahwa pendakian ke Gunung Buku Sibela lebih bersifat kepada penelitian. Terdapat tebing yang sangat curam yang membut pendakian sangat sulit untuk bisa mencapai puncak. Start pendakian terdapat di Resort Polhut Bacan.

Nama lain :
Elevasi : 2.118 mdpl
Lokasi : Maluku Utara
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Halmahera Selatan
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Provinsi Maluku Utara
Jalur pendakian : Resort Polhut Bacan
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Sibela
Lama pendakian : ?
Koordinat : 0°44’16.0″S 127°31’23.5″E
Level pendakian : sulit

buku 199 gunung

Baca Juga : Gunung Ibu & Gunung Gamalama

Maps

  • 71%
    - 71%
  • 79%
    - 79%
  • 77%
    - 77%
75.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)