GUNUNG BISMA (2.200 MDPL)

Gambar Gunung Bismo Dieng
c: @primatatertawa

GUNUNG BISMA (2.200 MDPL)
Di Provinsi Jawa Tengah

Gunung Bisma juga merupakan gunung dalam komplek Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini memiliki ketinggian 2.200 mdpl. Deretan gunung-gunung di Dataran Tinggi Dieng adalah puncak tidak berapi. Namun kawasan daratan tinggi Dieng itu sendiri adalah sebuah gunung api berjenis volcano kompleks. Yang artinya lubang vulkanik adalah berupa kawah-kawah yang berada tidak hanya di puncak melainkan juga di bawah gunung.

Gunung Bisma memiliki spot yang mirip stratovolcano yang memiliki kawah, namun tidak ditemukan adanya aktivitas vulkanik. Spot tersebut hanya berupa lapangan rumput.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Bisma juga kalah populer dengan pendakian Prau maupun Sikunir. Padahal spot alam di Gunung Bisma sangat unik dan tidak terdapat di gunung-gunung lain di Dataran Tinggi Dieng, yakni trek berupa punggungan dengan kanan-kiri jurang terjal.

Pendakian Gunung Bisma bisa melalui Jalur Desa Slukutan di Kecamatan Mojotengah. Pendakian hanya memerlukan waktu 3-4 jam untuk mencapai puncak.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Bisma adalah berupa punggungan dan terdapat makam “Mbah Bismo”. Kita bisa melihat trek jurang yang baru dilalui jika sudah sampai puncak. Selain itu Gunung Sindoro-Sumbing juga terlihat dari sini.

Nama lain : Gunung Bismo
Elevasi : 2.200 mdpl
Lokasi : Jawa Tengah
Jenis : Non-volcano (ada seperti kawah mati)
Pengelola : Dieng Plateu
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Slukutan
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Bisma
Lama pendakian : 3-4 jam
Koordinat : 7°14’20.0″S 109°53’22.4″E
Level pendakian : mudah

Maps

  • 75%
    - 75%
  • 85%
    - 85%
  • 77%
    - 77%
79%
Sending
User Review
0 (0 votes)