GUNUNG BINAIYA (3.027 MDPL)

Gambar Puncak Gunung Binaiya Maluku
c:@dio.anggaraa

GUNUNG BINAIYA (3.027 MDPL)
Di Provinsi Maluku

Gunung Binaiya merupakan stratovolcano tipe B yang terletak di Pulau Seram dan masuk dalam administratif Kabupaten Maluku Tengah. Gunung Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl sekaligus menjadikannya yang tertinggi di Provinsi Maluku. Kawasan Gunung Binaiya masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Manusela (TNM).

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Binaiya memiliki banyak jalur, di antaranya adalah melalui Desa Kanikeh di sisi utara gunung. Jalur Kanikeh merupakan jalur yang populer. Kemudian ada pula jalur melalui pintu TNM di Desa Piliana. Jalur yang satu ini melalui sisi selatan gunung.

Sebelum melakukan pendakian, biasanya akan dilakukan ritual oleh ketua adat setempat. Jika melalui jalur Desa Kanikeh, maka kita akan melewati beberapa spot bernama Waiansela, Waihuhu, dan Waipuku. Terdapat beberapa sumber air berupa aliran sungai pada jalur tersebut. Jika melalui jalur pintu TNM, kita akan melewati spot bernama Yamitala, Aimoro, Highcamp, dan juga Isilali. Melalui jalur tersebut kita akan bertemu dengan kawasan pepohonan palem dan juga beberapa kawanan rusa. Rata-rata pendakian total hingga turun adalah 2-4 hari.

PUNCAK
Puncak Gunung Binaiya bernama Puncak Siale dan Puncak Telewa. Kawasan puncak adalah lahan berbatu dan terjal, serta banyak ditumbuhi tumbuhan perdu.

buku 199 gunung

Nama lain : Binaia, Binaija, Mutiara Nusa Ina
Elevasi : 3.027 mdpl
Lokasi : Maluku
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Taman Nasional Manusela (TNM).
Keistimewaan : Gunung Tertinggi di Provinsi Maluku
Jalur pendakian : Desa Kanikeh, Desa Piliana
Tempat Ikonik : Waiansela, Waihuhu, Waipuku, Yamitala, Aimoro, Highcamp, Isilali
Puncak : Puncak Siale dan Puncak Telewa
Lama pendakian : 2-4 hari
Koordinat : 3°10’25.9″S 129°27’18.9″E
Level pendakian : sulit

Baca Juga : Gunung Wurlali & Gunung Murkele

Maps

  • 93%
    - 93%
  • 94%
    - 94%
  • 96%
    - 96%
94.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)