GUNUNG API MANUK (282 MDPL)

Gunung Api Manuk

GUNUNG API MANUK (282 MDPL)
Di Provinsi Maluku

Gunung Api Manuk adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di Laut Banda, Provinsi Maluku. Pulau ini terisolasi dari pulau-pulau lain. Nelayan di Laut Banda sering melewatinya, namun tidak singgah, karena tidak ada bibir pantai untuk singgah. Kata “Manuk” artinya adalah “Burung”. Alasannya, karena banyak sekali terdapat burung-burung yang mendiami pulau ini, dikarenakan memang hanya Pulau Manuk inilah sebagai daratan di tengah lautan. Jika kita melewati pulau ini, maka akan terlihat ribuan burung dan juga tikus yang hidup di kawasan Pulau Manuk.

Gunung Api Manuk atau Pulau Manuk ini memiliki ketinggian 282 mdpl. Meski elevasinya rendah, namun jika dihitung dari dasar laut maka ketinggiannya mencapai 3.000 mdpl.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Api Manuk ini sangat sulit. Selain aksesnya yang diharuskan berlayar menggunakan kapal ke tengah lautan, untuk masuk ke bibir pulau juga sulit. Namun secara matematis tetap bisa untuk didaki. Catatan pendakian menyatakan bahwa Gunung Api Manuk hanya bisa didaki mencapai ketinggian 50 mdpl saja. Hal tersebut disebabkan adanya dinding gunung yang tidak bisa didaki. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada jalur lain yang bisa dilalui. Puncak Gunung Api Manuk terdapat sebuah kawah namun belum bisa terjamah.

Nama lain : Pulau Manuk, Gunung Manuk
Elevasi : 282 mdpl
Lokasi : Maluku
Jenis : Strato A, Pulau Vulkanik
Pengelola : Pemerintah Maluku
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Kaki gunung
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Manuk
Lama pendakian : 2-3 jam
Koordinat : 5°32’37.3″S 130°18’17.1″E
Level pendakian : sulit

Baca Juga : Gunung Api Wetar & Gunung Api Banda

buku 199 gunung

Maps

  • 77%
    - 77%
  • 78%
    - 78%
  • 83%
    - 83%
79.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)