GUNUNG ANAK RANAKAH

GUNUNG ANAK RANAKAH
c: Sciencesourceimage

GUNUNG ANAK RANAKAH
Gunung Anak Ranakah atau disebut juga Gunung Namparnos adalah gunung api aktif berketinggian 2.247 mdpl. Gunung api ini adalah gunung yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik di dalam kawasan Gunung Ranakah (induk).

Gunung Anak Ranakah pertama kali muncul yakni di tahun 1988. Gunung api ini berbeda dengan Gunung Anak Krakatau yang juga sama-sama gunung api baru. Anak Krakatau lahir di tengah lautan, sedangkan Anak Ranakah lahir di daratan, tepatnya di sebuah lembah yang diapit oleh dua gunung yakni Gunung Ranakah dan Gunung Mandosawu, di Kabupaten Manggarai, NTT.

Desember 1987 terjadi ledakkan di lereng timur laut Gunung Ranakah. Seminggu kemudian keluarlah asap air dan debu vulkanik. Hingga Januari 1988 tercatat sebanyak 17 letusan bertekanan tinggi dan 200 letusan bertekanan rendah. Kemudian pola berganti menjadi aktivitas gempa frekuentif. Hingga akhirnya terjadi letusan besar yang menghamburkan debu vulkanik setinggi 8 km, hampir menyamai letusan Gunung Merapi di 2010 di Jawa Tengah. Aliran piroklastik mengalir menuju Lembah Wae Reno. Pasca letusan besar tersebut, muncul gundukan tanah setinggi 30 meter. Seminggu kemudian bertambah menjadi 150 meter. Secara keseluruhan diprediksi terdapat 30 juta meter kubik magma yang dikeluarkan dan tertumpuk di Lembah Wae Reno dan membentuk sebuah gunung api baru yang dinamakan Anak Ranakah.
Gunung Anak Ranakah diklaim sebagai gunung api termuda di dunia yang muncul di daratan. Dunia internasional lebih mengenal Gunung Paricutin di Meksiko sebagai gunung api termuda, yakni lahir pada Februari 1943. Namun sebenarnya Anak Ranakah-lah yang menjadi termuda.

Gunung Paricutin lahir di sebuah lahan yang memang telah memiliki aktivitas vulkanik sebelumnya. Sehingga kemunculannya sudah bisa diprediksi. Sedangkan Anak Ranakah lahir di sebuah lahan yang sudah mati atau tidak aktif dalam jangka waktu yang sangat lama, dan kemunculannya sangat tidak diduga-duga.

buku 199 gunung

  • 84%
    - 84%
  • 85%
    - 85%
  • 89%
    - 89%
86%
Sending
User Review
0 (0 votes)