GUNUNG SEULAWAH AGAM (1.726 MDPL)

GUNUNG SEULAWAH AGAM (1.726 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Gunung Seulawah Agam adalah gunung berjenis stratovolcano tipe A dan terletak di Kabupaten Aceh Besar. Lokasinya dekat dengan Banda Aceh. Gunung ini tercatat meletus pada tahun 1839, dan 1975. Gunung Seulawah Agam memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan termasuk ketinggian sedang. Lokasinya yang tidak jauh dari perkotaan Banda Aceh menjadikan gunung ini sebagai aset bagi kesuburan wilayah sekitar sekaligus ancaman yang serius jika sewaktu-waktu meletus.

PENDAKIAN

Jalur pendakian Gunung Seulawah Agam terdapat di Desa Lambaro Tunong, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar. Pendakian gunung ini terbilang mudah karena trek yang tidak begitu curam dan terjal. Pada jalur pendakian, kita bisa menemui 7 pohon beringin raksasa berumur ratusan tahun. Lokasi tersebut dijuluki “Beringin Tujuh”. Lalu ada pula batu besar yang bentuknya seperti gajah, dan dijuluki “Batu Gajah”.

PUNCAK

Puncak Seulawah Agam terdapat beberapa kawah yang bernama Kawah Heutz, dan Kawah Tanah Simpago. Terdapat pula pilar sebagai penanda puncak tertinggi Gunung Seulawah Agam.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Cot Seulawah Agam, Solawa Agam, Solawaik Agam, Selawadjanten, Goldberg
Elevasi : 1.726 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Aceh Besar
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Lambaro Tunong
Puncak : Puncak Kawah Seulawah Agam
Lama pendakian : 6-10 jam
Tempat Ikonik : Kawah Heutz, dan Kawah Tanah Simpago
Koordinat : 5°26’49.6″N 95°39’20.6″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga: Gunung Ulumasen dan Gunung Kemiri

buku 199 gunung

Map